Pages

Saturday, May 6, 2017

Setting Mikrotik RB750 dengan Modem ADSL TP Link TD-W8961N

Kali ini saya akan membagikan Tutorial Setting Mikrotik RB 750 dengan Modem ADSL TP Link TD-W8961N eks. bawaan Indihome, kenapa harus menggungganakan Mikrotik RB 750 dan Modem ADSL TP Link TD-W8961N? Jawabannya adalah dengan menggunakan kedua alat tersebut, budget yang kita keluarkan tidak terlalu besar, dengan modal 600ribu untuk Mikrotik RB 750 dan Modem ADSL TP Link bekas, kita sudah bisa membuat Hotspot/WiFi untuk serumah atau bisa searea kecil dengan user lebih dari 10. Mikrotik RB750 adalah router indoor kecil dengan arsitektur MIPS-BE, processor AR7241-AH1A 400MHz, RAM 32MB, dan konsumsi daya hanya 2.5W. Di dalamnya dibekali dengan OS Mikrotik Level 4 sehingga sangat cukup digunakan untuk router di jaringan yang tidak terlalu besar. Walaupun tidak mempunyai adapter wireless, RB750 mempunyai 5 buah port 10/100 Ethernet yang cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dan TP-LINK TD-W8961N 300Mbps Wireless N ADSL2 + Modem Router adalah perangkat all-in-one yang menyediakan tingkat penuh ADSL2 + standar dengan keandalan hebat dan solusi biaya-efektif untuk rumah dan usaha kecil. Dengan TD-W8961N, Anda dapat dengan mudah membuat jaringan nirkabel yang aman dan berbagi koneksi internet berkecepatan tinggi sementara akses ke file bersama, musik, foto, dan printer dengan beberapa komputer. Dan untuk memulainya, siapkan alat sebagai berikut :
  1. Router Mikrotik RB750,
  2. Modem ADSL TP Link TD-W8961N eks. bawaan Indihome,
  3. Komputer berbasis Windows untuk konfigurasi dan setting,
  4. Software WinBox untuk konfigurasi mikrotik dan browser untuk test dan konfigurasi access point,
  5. 3  atau 4 buah kabel UTP. 
Dalam pembuatan hotspot mikrotik ini, paling tidak membutuhkan 3 buah kabel UTP. Kabel pertama untuk menyambungkan koneksi internet ke port 1 router, kabel kedua untuk menyambungkan dari port 3 router ke jaringan hotspot router ke access point Modem ADSL TP Link TD-W8961N eks. bawaan Indihome. Kali ini saya menggunakan 2 port, yaitu Port 1 untuk Gateway/Internet dari Modem server, dan Port 3 untuk menyambungkan ke Modem ADSL TP Link TD-W8961N. Dan untuk cara merubah modem ADSL ke Router, sudah dijelaskan dipostingan saya sebelumnya. Anda bisa merubah terlebih dahulu Modem ADSL tersebut untuk dijadikan sebuah Router, dan selanjutnya Anda bisa meneruskan konfigurasi tersebut.

Konfigurasi IP Address

 No
IP Address
Bit
Subnet Mask
Alat
1
192*168*1*2
30
255*255*255*0
Gateway
2




3
162*168*1*1 24 255*255*255*0 Hotspot
4



5



 Langkah langkah konfigurasi:
  1. Reset Mikrotik dan Router terlebih dahulu,
Sebelum semua proses dimulai, konfigurasi Mikrotik dan Router harus direset ke pengaturan default, dengan menekan tombol reset dibagian belakang Mikrotik/Router atau dengan cara konfigurasi Mikrotik/Router tersebut. Untuk Username dan Password mikrotik, jika Anda membeli baru, gunakan Mac Address untuk login. Atau Anda bisa baca petunjuk didalam box Mikrotik tersebut.



IP Address
Username
Password
Mikrotik
login dengan MAC Address
admin
admin
Router
192*168*1*245
admin
theworldinyourhand

Cara Akses Konfigurasi 
Cara mengakses konfigurasi Mikrotik RB750 adalah dengan menggunakan software WinBox.Setelah menjalankan WinBox, ketik alamat IP atau MAC Address di isian paling atas atau klik tombol |…|, untuk mendapatkan IP Address (jika ada) dan MAC Address. Kemudian masukkan username dan password (tanpa password untuk mikrotik yang baru saja direset), dan klik tombol Connect. Sedangkan untuk masuk ke halaman konfigurasi Router, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Ubah IP komputer agar berada di jaringan yang sama.
  2. Sambungkan kabel dari AP ke komputer.
  3. Jalankan browser dan ketikkan alamat sesuai dengan IP Address Router tersebut.
  4. Username tidak perlu diisi. Isikan username dan password, yaitu support/theworldinyourhand jika AP masih dalam keadaan baru saja direset. Setelah itu klik tombol Log In.
  5. Lakukan konfigurasi yang diperlukan.
  6. Tutup browser dan kembalikan lagi IP komputer seperti semula (biasanya dibuat otomatis).
Cara Ubah Password Default
Sebelum dilakukan konfigurasi / setting lebih jauh, password default harus diubah dengan cara sebagai berikut :

  1. Mikrotik RB750 
    Klik menu System – Password, jika router baru saja direset maka Old Password tidak perlu diisi. Isikan password yang baru di isian New Password dan Confirm Password. Setelah itu klik tombol Change. Disarankan untuk menutup aplikasi WinBox dan menjalankannya kembali dengan password yang baru.
  1. Router 
    Untuk mengubah password Router dapat dilakukan melalui menu Administration – Management. Isikan password yang baru di kedua isian yang tersedia, setelah itu klik tombol Save Settings untuk menyimpan perubahan. Browser akan menuju ke halaman konfirmasi dan kemudian meminta login kembali dengan password yang baru.
Setting Internet di Router
Agar router dapat mengakses internet, maka konfigurasi IP Address, Gateway, dan DNS harus dilakukan. Nama interface yang tersambung ke internet bisa juga (tidak wajib) diubah untuk lebih memudahkan. Setting yang akan dimasukkan adalah :
    • Nama Interface    : 1. Internet.
    • IP Address           : 192*168*1*1
    • Gateway               : 192*168*1*2/30
    • DNS                     : 255*255*255*0
Detail langkah-langkah setting internet di router adalah sebagai berikut :
  1. Sambungkan kabel internet ke port 1.
  2. Ubah nama interface yang tersambung ke internet.

Klik menu Interfaces, klik dua kali di ether1, ubah nama interface menjadi “1. Internet” dan klik tombol OK.
  1. Konfigurasi IP Address.
    Klik menu IP – Addresses. Kemudian klik tombol + untuk membuat IP baru. Isikan “192*168*1*2/30” di bagian Address. Pastikan “1. Internet” terpilih di bagian Interface. Setelah itu klik tombol OK.
  1. Konfigurasi Gateway.
    Klik menu IP – Routes. Kemudian klik tombol + untuk menambahkan routing baru. Pastikan Dst. Address terisi “0*0*0*0/0” dan isikan Gateway dengan “192*168*1*2”. Klik tombol OK untuk menerapkan konfigurasi. Sampai sini sebenarnya router sudah terkoneksi ke internet, tetapi hanya bisa berkomunikasi melalui IP Address. Untuk dapat berkomunikasi menggunakan nama domain, maka setting DNS di router harus diaktifkan.

  1. Konfigurasi DNS.
    Klik IP – DNS. Isi Servers dengan IP “192*168*1*2” dan aktifkan “Allow Remote Requests” agar router juga berfungsi sebagai DNS cache bagi komputer user. Klik tombol OK untuk melanjutkan. Setelah dilakukan setting internet, langkah selanjutnya adalah tes apakah router sudah benar-benar terhubung ke internet dengan baik. Caranya adalah dengan klik menu New Terminal dan jalankan perintah “ping yahoo*com”.
Setting Access Point
Konfigurasi yang penting di sini adalah konfigurasi nama jaringan WiFi (SSID). Sedangkan pengisian IP Address AP (162*168*1*1/23) tidak wajib dilakukan. Detailnya adalah :
  1. Setting SSID
Setelah login, klik menu Wireless – Basic Wireless Settings. Isikan nama jaringan WiFi (SSID) dengan SSID yang baru. Tekan tombol Save Settings untuk melanjutkan.
  1. Setting IP Address Access Point. 
  • IP Address      : 162*168*1*
  • Subnet             : 255*255*255*0  
  • Gateway          : 162*168*1*1
Aktifkan tab Setup – Network Setup. Ubah Configuration Type menjadi “Static IP”. Kemudian isikan “162*168*1*2” 
  • IP Address               : 162*168*1*2
  • Subnet Mask           : 255*255*255*
  • Default Gateway     : 172*18*98*
  • Save Setting
Setting Hotspot
Pada konfigurasi hotspot ini, router akan ditambahkan IP Address baru yaitu 162*168*1*1/23 diether3, sebagai gateway bagi komputer user. Setelah itu barulah dilakukan konfigurasi hotspot dan penambahan user hotspot. Urutan langkah-langkahnya adalah :
  1. Ubah namKlik menu Interfaces, kemudian klik dua kali pada ether5 dan ubah namanya menjadi “3. Hotspot”. Klik OK untuk melanjutkan.
  1. Set IP AddressKlik menu IP – Addresses, kemudian tekan tombol + untuk menambahkan IP Address baru. Isi Address dengan “162*168*1*1/23” dan pilih “3. Hotspot” di bagian Interface. Klik OK untuk melanjutkan.
  1. Konfigurasi Hotspot
Klik menu IP – Hotspot, kemudian klik tombol Hotspot Setup. Selanjutnya detail langkahnya adalah: 
  • Pada pilihan Hotspot Interface, pilih 3. Hotspot
  • Alamat network otomatis terisi
  • Rentang IP yang akan diberikan ke user bisa diubah atau biarkan saja seperti yang sudah disediakan
  • Pada certificate pilih "none"
  • Isi SMTP Server dengan IP server SMTP atau biarkan saja “0*0*0*0” 
  • Isian DNS Servers bisa diubah atau ikuti saja sesuai yang sudah terdeteksi 
  • Untuk DNS Name boleh dikosongkan
  • Isikan password untuk username admin, itu adalah username utama saat pertama membuat hotspot
  • Setting hotspot selesai, dan anda sekarang bisa membagi jaringan dengan bandwith masing-masing setiap user. 
Untuk tutorial menambah user hotspot akan saya share dipostingan selanjutnya, dan semoga tutorial diatas bisa bermanfaat & dapat digunakan dengan bijak oleh Sobat Marga. Terima kasih atas kunjungan Sobat Marga semua. Salam Sukses..!!!

No comments:

Post a Comment