Pages

Tuesday, May 30, 2017

Mengatasi Error Pada Printer Canon MP258

Kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara mengatasi error pada Canon MP258, walaupun printer seri ini sudah tidak lagi diproduksi, namun masih banyak orang yg menggunakannya. Dan sering terjadi error pada printer ini, apalagi jika printer ini digunakan dengan maksimal, pasti akan sering terjadi masalah. Printer ini tergolong murah saat pertama kali keluar, tapi harga catridge yg cukup lumayan mahal, mungkin untuk membeli dua catridge hampir sama membeli sebuah unit baru untuk printer canon tersebut. Untuk mengatasi error yang seri terjadi pada Canon MP258, saya akan membagikan kode-kode error printer tersebut.

Kode error Canon MP258 ada 2 jenis, yaitu :
  1. Kode Error yang menggunakan Kode P, misal P07
  2. Kode Error yang menggunakan Kode E, misal E05

Dibawah ini adalah kode error Kode P Canon MP258 :
  1. Kode P02 (Carriage Error), solusinya adalah pastikan tidak ada benda asing yang menyangkut roll printer, atau bersihkan dan cek encodenya, mungkin terkena cipratan tinta.
  2. Kode P03 (Line Feed Error), penyebabnya adalah timing disk kotor/rusak, solusinya adalah cek dan bersihkan timing disk sensor disebelah kiri printer, jika tidak berhasil ganti timing disk.
  3. Kode P05 (ASF Sensor Error), penyebabnya adalah sensor pendeteksi kertas Canon MP258 error, solusinya adalah coba ganti salah satu dari sparepart ASF/PE sensor unit, motor, atau Board Canon MP258.
  4. Kode P06 (Internal Temperature Error), penyebabnya adalah panas yg berlebihan didalam printer Canon MP258. Solusinya adalah bersihkan bagian dalam printer, jika tidak berhasil ganti board printer Canon Mp258.
  5. Kode P07 (Ink Absorser Full), penyebabnya adalah Ink Counter Full, dan dalam kasus ini biasanya printer Canon MP258 minta direset dengan software resetter khusus Canon MP258. Idikasi awal dari Error P07 adalah ketika printer dinyalakan akan menunjukan kode error P07 di panel LCD, dan dilayar monitor akan muncul kode 5B00. Solusinya adalah reset printer Canon MP258 dengan software khusus resetter Canon MP258.
  6. Kode P08 (Print Head Temperature Rise Control), penyebabnya adalah dari salah satu catridge yang panas, dan biasanya untuk kode P08 adalah dicatridge warna yg panas. Solusinya adalah ganti catridge warnanya.
  7. P09 (EEPROM Error), penyebabnya adalah EEPROM board Canon MP258 corrupt/rusak. Solusinya adalah reset Canon MP258, jika tidak berhasil ganti boardnya.
  8. Kode P10 (Logic Board/Carriage Unit/Catridge rusak), penyebab dari error P10 biasanya adalah karna catridge dalam keadaan minim atau mungkin kosong tapi tetap dipaksakan untuk mencetak terus, akibatnya kedua komponen tersebut panas dan merusak disalah satu komponen Logic Board/Carriage Unit. Solusinya adalah coba satu persatu anda ganti komponen dari mengganti salah satu catridge atau keduanya, carriage unit lengkap dengan kabel (rumah catridge), Logic Board (mainboard printer).
  9. Kode P15 (USB VBUS Over Current), penyebabnya biasanya dikarenakan printer kelebihan arus dari kabel USB printer. Solusinya adalah coba ganti kabel USB printer dan jika masih rusak ganti board printer.
  10. Kode P20 (Other Hardware Error), penyebabnya adalah kerusakan pada hardware lainnya. Solusinya adalah ganti mainboard printer.
  11. Kode P22 (Scanner Error), penyebabnya adalah karena scanner tidak berfungsi atau rusak. Solusinya adalah ganti scanner printer atau ganti mainboard printer.
Dan berikut adalah kode error E pada Canon MP258 :
  1. Kode E03, penyebabnya adalah Line Feed Error/kertas tidak tertarik, LF Encoder Signal Error). Solusinya adalah bongkar ulang dan cek satu persatu seperti mekanik penarik kertas, atau mungkin ada benda yang masuk diline, sehingga kertas tidak bisa masuk ke line feed, bersihkan timming disk.
  2. Kode E04, penyebabnya adalah catridge printer tidak terpasang dengan baik. Solusinya adalah coba cabut caatridge dan pasang lagi.
  3. Kode E05, penyebabnya adalah catridge tidak terpasang dengan baik, atau salah satu catridge ada yang rusak. Solusinya adalah cek satu persatu catridge, dan ganti catridge yang rusak.
  4. Kode E14 dan E15, penyebabnya adalah catridge printer tidak terpasang dengan baik. Solusinya adalah cabut catridge dan pasang lagi.
  5. Kode E13 dan 16 (Ink Has Run Out), penyebabnya adalah catridge minta direset. Solusinya adalah tekan dan tahan tombol STOP/RESET selama 5 detik, dan tunggu sampai led display berproses.
Tutorial diatas mungkin akan anda sering temui di printer Canon MP258 yang sudah diinject/diinfus, namun hal itupun kerap terjadi juga diprinter yang standar, atau belum diinject/diinfus. Dan kalau sewaktu waktu anda menemui error pada printer Canon MP258, semoga tutorial diatas bisa bermanfaat bagi Anda semua yang mengalami masalah dengan printer Canon MP258. Terima kasih atas kunjungan Sobat Marga. Salam Sukses..!!!

No comments:

Post a Comment