Pages

Wednesday, June 7, 2017

Cara Membuat Antena Penguat Signal Modem (Antena Yagi D.I.Y)

Ini adalah solusi dimana kalian yang mempunyai rumah di daerah yang susah mendapatkan signal (blank area), solusi ini bisa kalian pakai di Modem ataupun Smartphone. Solusi kali ini adalah dengan menggunakan Antena Yagi D.I.Y dengan frekwensi 1900 Mhz, atau lebih tepatnya untuk frekwensi signal EDGE/HSDPA/HSUPA. Kenapa tidak 4G? Karena untuk blank area biasanya signal 4G belum tersedia, dan untuk signal yang merata biasanya adalah EDGE/HSDPA/HSUPA. Jadi kali ini kita akan membuat Antena Yagi dengan frekwensi 1900 Mhz, dan bahan-bahan yang kalian butuhkan, mungkin semua ada didaerah kalian.

Bahan yang kalian butuhkan adalah sebagai berikut :
  1. Paralon kecil dengan diameter 1/4 inch, panjang +/- 50 cm, ini digunakan untuk boom antena/pegangan antena.
  2. Kawat tembaga atau kuningan dengan diameter 2 mm atau 2,5 mm.
  3. PCB polos, digunakan untuk membuat terminal antena.
  4. Box sambungan kabel telepon, bisa dibeli ditoko elektronik.
  5. Sekrup 2 buah
  6. Cabel RG58/Coaxial 50 Ohm (Kabel Antena TV), beli yang bagus atau gunakan kabel bekas TV untuk percobaan. Karena try & error di Antena DIY pasti ada.
  7. Lem Alteco
  8. Peralatan listrik (Solder, Timah Solder, Tank Potong, Gunting, dll).
  9. Bor Listrik, digunakan untuk mengebor boom antena.
Membuat Antena Yagi tidak sembarangan, dan harus menggunakan ukuran disetiap elemen. Berikut adalah gambar sample ukuran Antena Yagi :
Perhatikan disetiap jarak reflektor, ada ukuran tersendiri disetiap kawat reflektor tersebut, dan ukuran itu adalah harus sama seperti gambar. Selanjutnya setelah kalian memahami ukuran disetiap jarak, langkah-langkah yang harus kalian lakukan adalah :
  1. Potong kawat tembaga dengan ukuran 3,5 cm sebanyak 2 buah, 4cm sebanyak 2 buah, 4,5cm sebanyak 1 buah, 5cm sebanyak 2 buah, 6cm sebanyak 3 buah, 11cm sebanyak 1 buah. Potongan 3,5cm adalah untuk membuat terminal elemen, dan selanjutnya unuk ukuran yang lain lihat gambar.
  2. Potong PCB sesuai ukuran box sambungan telepon, PCB nanti akan kita sembunyikan didalam box sambungan telepon tersebut.
  3. Buatlah 2 titik diPCB dengan titik a dan b dengan lebar celah diantara kedua sisi 0,5cm, dan untuk membuat titik dipcb kalian bisa gunakan cutter atau lainnya.
  4. Buatlah 2 lubang pada pcb, dan sesuaikan dengan dengan lubang box sambungan telepon.
  5. Solder elemen a dan b tersebut dititik pcb yang telah kalian buat tadi, dan apabila kita ukur panjang elemen a dan b adalah 7,5 cm. Karena setiap elemen panjang 3,5cm dan ditambah dengan jarak celah antara a dan b adalah 0,5 cm. Dan untuk memperjelas dibagian pcb, silahakan kalian lihat gambar dibawah ini :
Setelah kalian membuat semua diatas, selanjutnya adalah kalian siapkan Cable RG58/Cable Coaxial/Kabel Antena, dan kupas dikedua ujungnya, lalu kalian solder dititik a dan b pada pcb yang telah kalian buat. Setelah pensolderan selesai, kita akan menyusun elemen-elemen yang telah kalian buat pada boom. Perhatikan gambar pertama diatas, karna setiap panjang elemen mempunyai letak masing-masing, atau tidak sembarang memasukan disetiap lubang. Seteleah semua tersusun rapi, gunakan lem alteco untuk menguatkan elemen tersebut diboom agar tidak lepas atau bergeser dari lubang. Dan selanjutnya, tutup pcb dengan box sambungan telepon.
Untuk masalah antena, kita anggap sudah selesai. Selanjutnya kita akan membuat membuat induksi yang nantinya akan kita lilitkan dimodem ataupun smartphone kalian. Sebenanya ada berbagai cara membuat induksi, dari kita menggunakan konektor antena modem, pcb dan lilitan kabel. Tapi kali ini kita akan membuat Induksi dengan menggunakan lilitan kabel, biaya lebih murah dan efisien. Langkah-langkah dalam membuat induksi dengan lililtan adalah sbb :
  1. Kupas dan solder kabel induksi tersebut ke kabel a dan b Antena kalian, gunakan kabel standar instalasi listrik rumah yang berkawat tembaga, untuk ukuran dan panjang bisa kalian kira-kira sendiri.
  2. Lilitkan kabel tersebut dengan 5 lilitan dismartphone atau modem anda, jangan terlalu kencang ataupun longgar, karna untuk mempermudah kalian jika ingin mengganti dengan modem/samrtphone yang lain.
  3. Untuk ukuruan celah diantara sambungan kabel induksi tersebut adalah 0,5 cm.
Selanjutnya adalaha pasang antena kalian, untuk tinggi bisa kalian sesuaikan. Tapi pengalaman kita, Antena harus lebih tinggi dari atap rumah kita, atau bisa kita satuin dengan antena tv. Dan untuk arah antena, sesuaikan dengan daerah kalian dan letak bts provider yang kalian gunakan untuk smartphone ataupun modem kalian. Semoga tutorial diatas bisa membantu kalian semua, terima kasih atas kunjungan Sobat Marga. Salam Sukses.

No comments:

Post a Comment